08 April 2009

Plagiat d'masiv




Beberapa pekan lalu saya gak sengaja nonton acara infotainment di salah satu TV swasta yang mengabarkan bahwa d'masiv band jebolan A-mild live ini lagu-lagu hitsnya meniru beberapa artis luar negeri seperti switchfoot, muse, lifehouse, dan incubus.

Saya jadi penasaran apa benar lagu-lagunya d'masiv itu niru artis lain? lalu saya coba cari info di google.com, dari situ saya temukan video di youtube yang memperlihatkan bahwa memang sebagian lagu-lagu d'masiv meniru artis-artis lain, salah satunya yang menurut saya mirip banget aransemennya ialah lagu 'diam tanpa kata' yang mirip dengan lagunya Switchfoot - awakening.

Bukan hanya lagu itu yang mirip, lagu yang berjudul 'lukaku' juga mirip sama lagunya incubus - drive, aransemennya kayak yang diganti dikit, tapi kalo menurut saya gak ada salahnya kok kalo lagu ada kemiripan sama lagunya orang asalkan jangan sama persis.

Tapi bagaimana dengan hal ini, apakah kita harus mencap jelek begitu saja karya orang? padahal kita sendiri jarang menghargai karya orang dengan membeli CD bajakan.
Kemiripan intro/aransemen dijaman sekarang kayaknya sudah menjadi hal yang lumrah, asalkan memang tidak benar2 menjiplak langsung dari karya orang yang sudah ada.

Jadi itu semua tergantung pribadi anda sendiri dalam menyikapinya, kalo saya pribadi sih fine2 saja dengan maraknya berita tentang hal ini, toh saya memang suka ma karya mereka kok.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda menuliskan komentar disini. Jangan lupa kritik dan sarannya.

Salam,
abdansyakur.